logo
    logo

    TECHNICAL BARRIERS TO TRADE (TBT)

    HAMBATAN TEKNIS PERDAGANGAN

logo
TENTANG KAMI
Notification Body dan Enquiry Point TBT WTO

Badan Standardisasi Nasional (BSN) adalah Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) yang memiliki fungsi dalam pengembangan standardisasi dan penilaian kesesuaian di Indonesia sebagaimana diamanatkan dalam UU Nomor 20 tahun 2014 tentang Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian. Selain fungsi tersebut, BSN juga telah secara resmi ditunjuk sebagai Enquiry Point (EP) dan Notification Body (NB) untuk penerapan Persetujuan Technical Barrier to Trade (TBT) WTO di Indonesia.


Tugas dan Fungsi

Fungsi BSN sebagai EP dan NB adalah menyampaikan notifikasi rancangan/peraturan teknis Indonesia ke WTO, menanggapi notifikasi dari anggota WTO serta mempersiapkan dan mengkoordinasikan posisi Indonesia bersama stakeholder terkait untuk isu TBT maupun hambatan teknis lainnya. Dengan demikian, fungsi BSN sebagai NB dan EP merupakan langkah awal membuka akses pasar ekspor Indonesia ke negara tujuan berkaitan dengan standar dan regulasi yang berlaku di negara tersebut.

Dalam penanganan kegiatan terkait penerapan TBT di Indonesia, BSN bekerja sama dengan para pemangku kepentingan terkait seperti Kementerian/Lembaga, Asosiasi Industri serta para pakar terkait.


Dasar Hukum
Dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai NB dan EP, BSN berpedoman pada:
  • UU No.7 Tahun 1994 Tentang Persetujuan Pembentukan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO)
  • UU No.20 Tahun 2014 Tentang Standardisasi Dan Penilaian Kesesuaian
  • PP 102 Tahun 2000 Tentang Standardisasi Nasional